Rabu, 15 Maret 2017

Tahsin UKK As-Siraaj FT-UNRAM

Musholla Manarul Ilmi. Lingkaran Tahsin Rutin UKK As-Siraaj. 15 Maret 2017
 "Musholla Manarul Ilmi. Lingkaran Tahsin Rutin UKK As-Siraaj. 15 Maret 2017"





Alhamdulillahirabbil ‘alamin...
Kegiatan Tahsin Rutin UKK As-Siraaj yang terbuka untuk umum khususnya yang Ikhwan
(laki-laki) pada hari rabu (15/03/2017) berjalan dengan lancar. Antusias para peserta sangat luar biasa untuk mempelajari Al-Qur'an walaupun dengan cuaca yang tidak bersahabat tapi para peserta tetap berdatangan. Pada hari itu juga langsung dibukanya tahsin rutin dan ditetapkannya jadwal pelaksanaan yaitu pada setiap hari Rabu, jum’at dan Sabtu sore ba’da Ashar.
Adapun untuk yang Akhwat (perempuan) pelaksanaan Tahsin sudah dilaksanakan terlebih dahulu yaitu pada hari senin (6/3/2017) lalu. Adapun pelaksanaan tahsin untuk yang Akhwat (perempuan), rutin ini dilaksanakan pada hari senin, rabu, dan jum’at sore ba’da ashar.
Mempelajari Al-Qur’an adalah kewajiban bagi setiap muslim. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam pernah bersabda yang artinya:
“Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang mau belajar Al-Qur’an dan mau mengajarkannya.” (HR.Al-Bukhari).
Adapun manfaat mencintai Al-Qur’an adalah sebagai berikut:
a.              Memperoleh nasihat, obat hati, petunjuk dan rahmat dari Allah    سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.
Seperti dalam firman-Nya : Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى  berfirman:
 يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِ ۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ
"Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus: Ayat 57)
Dalam mengarungi kehidupan di dunia ini, manusia pasti menghadapi berbagai persoaalan. Adakalanya persoalan itu mudah diselesaikan, tetapi adakalnya sulit untuk diselesaikan, dalam menghadapi persoalan yang sulit diselesaikan, manusia sering mengalami tekanan batin. Dengan mendekatkan diri kepada petunjuk Al-Qur’an, manusia dapat memperoleh ketenangan jiwa. Akhirnya dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi.
b.      Terhindar dari kesesatan dan kecelakaan dunia dan Akhirat.
Seperti dalam firman Allah  سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى :
قَالَ اهْبِطَا مِنْهَا جَمِيْعًاۢ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚ فَاِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِّنِّيْ هُدًى ۙ فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقٰى
"Dia (Allah) berfirman, "Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Jika datang kepadamu petunjuk dari-Ku, maka (ketahuilah) barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka." (QS. Ta Ha: Ayat 123)
c.       Memperoleh kecintaan dan ampunan dari Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى,
Seperti dalam firman-Nya:
قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ؕ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
"Katakanlah (Muhammad), "Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu."Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Ali 'Imran: Ayat 31)
Tidak hanya itu, manfaat mencintai Al-Qur’an masih banyak lagi. Semoga dengan kegiatan Tahsin Rutin ini bisa membuat kita terus mempunyai pelajaran baru dalam Al-Qur’an.(Amin yarabbal'alaminrabbal'alamin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar